Apple Pimpin Pasar Tablet Global di Q3 2020

Posted on

Apple Pimpin Pasar Tablet Global di Q3 2020 – Pandemi COVID-19 memang menghajar semua pasar, tidak terkecuali pasar tablet. Tercatat, permintaan tablet terus bertahan, bahkan di kuartal ketiga di tahun 2020 ini. Menurut laporan terbar IDC, pengiriman tablet secara global mencapai 47,6 juta unit di kuartal terakhir dengan pertumbuhan 24,9% Year-on-Year.

Apple Pimpin Pasar Tablet Global di Q3 2020

Menariknya, Apple terus menjadi pemimpin pasar tablet. Sementara, Huawei merosot ke posisi keempat. Apple tercatat mampu mengirimkan sebanyak 13,9 juta iPad pada kuartal ketiga 2020. Pertumbuhan Apple meningkat 17,4% Year-on-Year dan menguasai market share sebesar 29,2%.

IDC juga menyebutkan bahwa iPad 7th Generation (2019) dan iPad 8th Generation (2020) yang paling banyak dipasarkan oleh Apple. Pada peringkat kedua dengan 9,4 juta unit ditempati oleh Samsung. IDC mencatat bahwa pengiriman Samsung Galaxy Tab meningkat 89,2% Year-on-Year dan menyumbang market share sebesar 19,8%.

Selama periode ini, Samsung berhasil memperkenalkan Galaxy Tab S7+ 5G, sebagai salah satu tablet pertama dengan kemampuan 5G di pasar global. Tak sedikit pekerja profesional yang kepincut dengan tablet buatan Samsung ini. Selain karena desain yang ditawarkan, Galaxy Tab S7+ 5G juga punya dukngan hardware yang menggiurkan.

Selanjtnya di tempat ketiga, Amazon memperoleh 11,4% pangsa pasar dengan 5,4 juta unit dalam pengiriman meskipun turun 1,2% Year-on-Year. Fire HD 8 2020 menyumbang sebagian besar pengiriman, diikuti oleh model 10,1 inci. Kids Edition dari kedua tablet tersebut juga memiliki kinerja penjualan yang baik.

Meskipun tumbuh 32,9% Year-on-Year, Huawei turun ke posisi keempat dengan 4,9 juta pengiriman dan pangsa pasar sebesar 10,2%. Penurunan ini sebagian besar disebabkan oleh kinerja Amazon yang lebih baik pada kuartal kedua di tahun 2020 ini.

Imbas penurunan lainnya karena bisnis tablet Huawei sempat terganggu oleh masalah pasokan komponen dari sejumlah pihak. IDC juga menyebutkan bahwa tidak adanya GMS (Google Mobile Services) menjadi salah satu faktor penyebab Huawei kini harus puas berada di bawah Apple, Samsung dan Amazon.

Terakhir, Lenovo terus bertahan di posisi kelima dengan pangsa pasar sebesar 8,4%. Perusahaan asal Cina ini hanya mampu mengirim perangkat tablet yang dikembangkannya ke pasar global sebanyak 4,1 juta unit dengan pertumbuhan 62,4% Year-on-Year.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *