TransferWise Hadir di Indonesia, Kirim Uang ke Luar Negeri Diklaim Lebih Murah

Posted on

TransferWise Hadir di Indonesia, Kirim Uang ke Luar Negeri Diklaim Lebih Murah – TransferWise, perusahaan penyedia teknologi pembayaran dan pengiriman uang antar-negara (remitansi) resmi hadir di Indonesia. TransferWise berkolaborasi dengan perusahaan fintech lokal, Instamoney (PT Syaftraco), yang sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia sebagai penyelenggara remitansi.

TransferWise Hadir di Indonesia, Kirim Uang ke Luar Negeri Diklaim Lebih Murah

Ilustrasi tampilan antarmuka aplikasi kirim uang ke luar negeri, TransferWise.

TransferWise mengklaim produk pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri yang mereka tawarkan, memiliki biaya transfer yang jauh rendah dan proses yang lebih cepat. Ada lebih dari 80 negara yang dilayani oleh TransferWise dari Indonesia, termasuk tujuan Australia, Malaysia, Singapura, Jepang, hingga ke Amerika Serikat, Britania Raya dan Tiongkok (via Alipay).

Layanan ini bisa diakses lewat aplikasi smartphone berbasis Android, iOS dan via website, yang sudah tersedia dalam versi bahasa Indonesia. Biaya layanan TransferWise diklaim lebih murah 2,5 kali dibandingkan biaya transfer lewat Bank atau penyedia jasa lainnya. Selain itu, transaksi pengiriman uang antar-negara melalui TransferWise juga diklaim tiba dalam waktu satu jam.

Sebagai perbandingan, misal seseorang mengirimkan Rp 2,5 juta ke Eropa dalam bentuk Euro, hanya dikenai biaya pengiriman sebesar Rp 39.646. Namun jika seseorang mengirimkannya lewat bank, maka biayanya sebesar Rp 93,912. Berikut adalah contoh biaya pengiriman ke negara tujuan dan mata uang lain (dengan nominal Rp 2,5 juta) adalah: Australia – Rp 40.079 Inggris – Rp 40.805.

Jepang – Rp 74.961 Malaysia – Rp 42.515 Singapura – Rp 43.584 AS – Rp 47.910 TransferWise juga mengklaim 30 persen transaksi pengiriman uang tiba di negara tujuan dalam waktu kurang dari 20 detik. Selain itu, TransferWise juga mengaku menjadi satu-satunya penyedia jasa remitansi yang menggunakan nilai tukar tengah, seperti yang terlihat di Google. Elian Ciptono, selaku Head of Indonesia Expansion TransferWise menjelaskan bahwa menurut survei yang dilakukan di Indonesia.

90 persen dari orang Indonesia yang mengirim uang ke luar negeri merasa terbebani dengan tingginya biaya pengiriman. Maka dari itu, TransferWise bermisi untuk mengubah status quo, menjadikan transfer uang lintas negara semudah berkirim email”, kata Elian dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (24/11/2020). Peluncuran TransferWise di Indonesia ini adalah kelanjutan dari hadirnya layanan transfer uang ke Indonesia sejak 2016, dan pengiriman uang dari luar negeri ke uang elektronik seperti Go Pay, OVO dan Dana sejak November 2019 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *